Rabu, 14 Oktober 2009

Mulai musim hujan waspada lalat

Ada banyak jenis lalat yang ada, tapi ada tiga jenis lalat yang lazim ditemukan atau menjadi gangguan yaitu:

1> Lalat Hijau ( lucilia sp ) lalat ini yang paling sering menjadi masalah pada musim hujan karena perkembangannya yang cepat karena musim hujan adalah musim yang sangat menguntungkan bagi lalat hijau.

Lalat hijau cenderung terbang di atas dan hinggap di tempat yang tinggi dalam restaurant, seperti kabel pada lampu gantung, bunga atau tanaman dalam ruangan, dsb,-

2) Lalat Rumah (musca domestica) lalat jenis ini cenderung ditemukan pada lantai atau nomad sekitar pintu masuk, sehingga sewaktu pintu terbuka lalat masuk kedalam rumah atau restaurant.

Sama dengan lalat hijau musim hujan juga menjadi musim yang menguntungkan untuk perkembangannya.

3) Lalat Buah (drosophilla sp) sama dengan kedua jenis lalat diatas musim hujan juga menjadi musim yang menguntungkan bagi perkembang biakannya, cuma lalat ini berkembang pada tempat-tempat yang terdapat buah-buahan yang busuk baik didalam ataupun diluar ruangan.

Bagi restauran yang mempunyai menu minuman seperti Juice dan rujak harus memperhatikan cara penyimpanan dan pembuangan sampah dari limbah atau kulit buah yang akan dibuang.


Kenapa lalat bisa masuk kedalam restaurant.

Lalat masuk kedalam restaurant ada beberapa hal, yaitu:

Kebersihan dan sanitasi sekitar pintu masuk, baik dari loading dock, pintu karyawan, ataupun pintu utama harus bersih.
Pembersihan usahakan dengan chemical yang mengandung disinfektan (pembunuh kuman) karena bisa mengurangi bau kurang enak yang ditimbulkan dari proses pembusukan sampah atau remah-remah makanan atau sampah yang tercecer terutama sekitar loading, dan bau dari chemical disinfektan lalat tidak suka sehingga bisa mengusir atau protec dari lalat.

Tempat pembuangan sampah sementara.
Tempat sampah harus tertutup rapat, usahakan agar sampah yang ditampung sementara diikat dengan plastik, agar tidak terlalu banyak proses penguapan yang akan menyebarkan bau kurang enak sehingga akan mengundang lalat untuk datang.

Rekomendasi:

Plastic Curtain.
untuk antisipasi Anda bisa memasang plastic curtain pada loading dock.
Ini berfungsi untuk menghalang lalat masuk pada saat proses suplier anda memasukkan barang kedalam gedung.

Air Curtain.
Ini bisa anda pasang pada pintu masuk utama, berfungsi sebagai pengusir dari angin yang dihembuskan dari atas pintu masuk kearah luar.

Fly Catcher bukan Insect Killer.
Fly catcher adalah berupa perangkap yang dilengkapi penarik lalat dengan lembaran glue/lem untuk penangkap lalatnya, disain fly catcher biasanya disesuaikan dengan konsep ruangan atau restaurant, sehingga dari bawah tidak terlihat kalau perangkap lalat.

Sedangkan Insect Killer (tidak direkomendasi) terbuat dari grill yang diberi muatan listrik dan lampu UV sebagai penarik/attractan, sehingga terkesan kaku dan menyebarkan bakteri/kuman dari lalat yang hancur tersengat, jika dipasang di dalam restaurant.


Selamat mencoba....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

"Fly Catcher bukan Insect Killer.
Fly catcher adalah berupa perangkap yang dilengkapi penarik lalat dengan lembaran glue/lem untuk penangkap lalatnya, disain fly catcher biasanya disesuaikan dengan konsep ruangan atau restaurant, sehingga dari bawah tidak terlihat kalau perangkap lalat."

harganya brp tuh kk? dulu udah pernah nyari di car**fo*r ngga ada.

Salam kenal....

Kapan2 maen ke blog gw y...

Lowongan Kerja di update tiap hari (Freelance, Fresh Graduate, Employee) .......KLIK DISINI

Kenang Sunaryo mengatakan...

To : bung E.12.RIcH

Tks' bung koreksinya.......


Fly catcher bisa anda dapatkan melalui beli suplier langsung atw sewa dengan pengendali pest management yang anda percayai.

Tks' sdh baca blog saya' slm kenal